Senin, 20 Mei 2013

Cara menghapus file yang sudah kesimpan di CD



Hari ini ribet banget bikin tugas kuliah….. hohohoho… akhirnya jadi juga. Tugas aku belum tak masukkan ke cd.
Sekarang tugas aku tinggal masukin datanya ke cd, aku beli cd kosong. Eh di toko banyak tawaran mau beli cd kosong yang apa? CD-R atau CD-RW, aku bingung milih mana? Karena lebih murah CD-R, aku jadi beli yang CD-R. lumayan selisih harga seribu, fungsinya juga sama-sama untuk menyimpan….hehehe…. maklum anak kos jadi suka hemat, mending uangnya dibeliin buat beli makan. Piiiiiisssssss……
Datanya aku burning ke CD yang aku beli tersebut pake fasilitas nero, ribet juga bakar pake nero, enggak simple dan lumayan lama. Data udah masuk semua ke CD. Aku sangat kaget banget, ternyata data yang aku masukkan salah. Aku harus menggantinya.
Sebel data yang sudah diburning di CD tidak bisa kehapus. Wah terpaksa deh aku harus beli CD lagi. Terus aku nanya ke temen “bedanya CD-R ma CD-RW apa ya?”.
Temenku jelasin sedikit tentang bedanya tersebut, ternyata CD-R Cuma hanya bisa memburning data satu kali dan tidak bisa menghapus data yang sudah masuk ke CD tersebut, sedangkan CD-RW bisa memburning berkali-kali dan bisa menghapus data yang sudah di burning.
“oooooo…. Kalau tahu gitu dari kemarin mending aku beli yang CD-RW, jadi enggak beli 2x gini”.
Aku burning data aku ke CD-RW tersebut, akhirnya data masuk ke CD. Eh ternyata ada yang salah. Aku harus menghapusnya.
Aku coba menghapusnya dengan membuka CD tersebut, terus folder aku delete, eh ternyata tidak bisa kehapus. Aku jadi bertanya-tanya dalam hati “wah info temen ku enggak bener” aku bener-bener kecewa.
Aku coba menghapusnya lagi dari folder tersebut, hasilnya enggak bisa juga. Gimana donk ini? Ternyata caranya begini :
1. Klik drive CD-RW ---- kllik kanan ----- pilih “ Erase this CD-RW ”
2. Muncul jendela “CD writing wizard“ ----- ikuti instruksi yang ada dengan menekan tombol next
3. komputer akan menghapus semua file yang ada di CD, tunggu hingga proses selesai kemudian finish.
4. Cek CD tersebut biar kita tambah yakin, apakah data yang kita simpan tadi sudah benar-benar kehapus. Kalau sukses, CD akan kembali kosong tanpa ada file di dalamnya.
Selamat mencoba temen-temen semua…….
semoga bermanfaat ya...

1 komentar: